Minggu, 18 April 2010

Bahaya Insomnia Akut


Karena uda kebanyakan online tiap malem, akhirnya jadi kebiasaan buruk buat gw.
Ga bisa tidur malem, malah kehidupan uda kayak kebalik aja, malem jadi siang, siang jadi malem, jadi srasa nyaman tidur kalo siang bolong.
Nikmatnya jalan malem2 bareng ma temen2, ngopi bareng, itu juga buat gw males tidur malem hari. Duh rasanya hidup gw uda ga sehat lagi. Apalagi ditambah kebiasaan makan mie instant yang uda jadi makanan pokok tiap malem. ya..ya..ya.. buruk skali…
Sebenarnya apa sih insomnia itu? dan bahaya serta cara menanggulangi nya bagaimana?
MUngkin hanya bisa gw ulas sedikit aja, karena pengalaman gw tentang insomnia juga ga banyak.
Insomnia adalah kebiasaan terjaga di malam hari, dan ini sudah menjadi kebiasaan yang lekat banget dengan si penderita insomnia (kesulitan tidur) . Jadi kalau kalian mulai mrasa gejala seperti ini, mulailah waspada dan jangan dianggap remeh.
Bahaya insomnia juga ga maen2 lho, bisa juga mengakibatkan KEMATIAN(kudu di cetak tebal neh), karena potensi stroke sangat besar skali , dan gara2 stroke tadi yang bisa mengantar kita ke alam baka. hiks..hikss… :(
Tapi tenang saja karena berbagai macam penyakit pasti ada obatnya, so kalian kudu menyimak baik2 beberapa tips dibawah ini, kalo kalian emang bener2 niat pengen sembuh dari insomnia, terlebih lolos dari maut (ceilee…;)




  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan kita menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.



  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan kita sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur kita.



  3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan kalian nyaman dengan suhu ruangan tidur . Jauhkan jam meja dari pandangan kita karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut. (buang jauh2 aja, trus ancurkan dengan buldozer)



  4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat kalian terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan kalian terjaga yang tentu saja tidak kita perlukan bila kita ingin tidur.



  5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.



  6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.



  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.



  8. Gunakanlah tempat tidur kalian khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh kita menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat kita berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.



  9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah kita untuk tidur.



  10. Jernihkan pikiran kamu. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran kamu. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran kita lewat media blog :)



  11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
Semoga tips diatas bisa kalian jadikan solusi buat insomnia yang sedang mengganggu selama ini :)
Oleh : Rendra Meinas Aditya P.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih karena telah berkunjung ke sanznuya.blogspot.com tolong tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini..

 

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah seorang pelajar yang sedang belajar tentang hal-hal yang berhubungan tentang agama dan dunia maya

Terjemahkan Ke bahasa Lain

Para Sahabat

D-Islamic Empires Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template